Generasi Zaman Now, Bayarnya Non Tunai

MALANGUPDATE-Generasi  zaman now, saatnya membayar dengan non tunai. Pernyataan tersebut disampaikan Pemerhati Kebijakan Publik, Agus Pembagio, dalam acara Pelatihan Wartawan Daerah oleh Bank Indonesia, di Sahid Hotel, Jakarta, Senin (20/11/2017).

Agus menyatakan, salah satu manfaat elektronifikasi pembayaran atau non tunai memudahlan taransaksi, dan menghindatkan serta menutup peluang korupsi. 

Pelatihan-Suasana pelatihan wartawan daerah oleh Bank Indonesia di Sahid Hotel Jakarta, Senin (20/11/2017). (ist)
Pelatihan-Suasana pelatihan wartawan daerah oleh Bank Indonesia di Sahid Hotel Jakarta, Senin (20/11/2017). (ist)

“Sebab, pelayanannya langsung berhadapan dengan mesin. Maka akan mencegah terjadinya pungutan liar,”tuturnya.
Dengan begitu, lanjutnya, pelayanan publik dari Pemerintah  maupun badan swasta lebih efesien, dan tidak berbelit.
Pihaknya juga menyampaikan bahwa saat ini sudah banyak transaksi elektronik pada pelayanan publik seperti, pembayaran masuk jalan Tol yang berlaku sejak sejak 31 Oktober 2017.
“Saran saya, sisakan satu gerbang tol yang bisa melayani pembayaran tunai dengan batas tertentu. Sembari terus dilakukan sosialisasi pembayaran non tunai secara keseluruhan,” imbuh Agus.

Agus juga menyebutkan bahwa sistem pembayaran tunai di gerbang tol membutuhkan 20 detik per kendaraan. Sedangkan jika menggunakan non tunai maka hanya butuh waktu 10 detik tiap kendaraan.

“Pemerintah harus lebih meningkatkan pembangunan infrastruktur di seluruh daerah. Seperti halnya pembangunan sistem jaringan yang memadai untuk mensuport sistem pembayaran elektronik ini,”pungkasnya. (putra)

You May Also Like

Leave a Reply