Cek Kesehatan Syarat Mutlak Bagi Air Crew

MALANGUPDATE-Kesehatan adalah salah satu faktor penting dalam kegiatan penerbangan. Seorang yang bertugas di dunia penerbangan harus dalam kondisi terbaiknya. Hal inilah yang menjadi dasar Lanud Abd Saleh Malang menggelar Ceramah Kesehatan Penerbangan, Kamis (19/10/2017).
Kegiatan ini dihadiri Kol Kes dr Wawan M dan Kolonel Kes dr Budi dari Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Antariksa (Lakespra) TNI AU dr Saryanto Jakarta, didampingi Karumkit dr. M. Munir Lanud Abd Saleh, Letkol Kes dr Erna Emlijah SpM, MARS.
ceramah-kesehatan
Ceramah Kesehatan Penerbangan ini disajikan kepada seluruh awak pesawat (air crew) Lanud Abd Saleh, yang terdiri dari para penerbang, navigator dan teknisi Skadron Udara 4, 21 serta Skadron udara 32 Wing 2 di Ruang Binayuda Lanud Abd Saleh.
Ada beberapa persyaratan mutlak yang harus dimiliki aircrew untuk dapat  melaksanakan dinas terbang, antara lain cek laboratorium, tes audiometric, yakni semacam tes pendengaran.  Kemudian cek  gigi, mata hingga pemeriksaan Rontgen.
Ada pula ECG atau tes jantung, dan cek fisik hingga EEG  atau Elektro Ensefalografi, untuk  mengetahui apakah ada kelainan otak atau kejiwaan.
ceramah-kesehatan-2
Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Hermawan Widhianto, SE  saat membacakan sambutan Danlanud mengatakan pada prinsipnya seorang yang bertugas didalam dunia penerbangan harus dalam kondisi yang terbaik. “Jangankan alkohol dan narkotika, namun semua substansi atau bahan obat-obatan yang dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang sangatlah berbahaya.” terangnya.
Komandan memberi apreasiasi kepada tim dokter dari Lakespra TNI AU dr Saryanto Jakarta, karena  ceramah ini sangat penting dan bermanfaat bagi para awak pesawat dalam melaksanakan tugas penerbangannya dengan aman dan lancar tanpa ada hambatan. (pentak/putra)

Foto-foto: pentak abd saleh

You May Also Like

Leave a Reply