Hembuskan Asap ke Monyet, Pria Asal Malang Ini Akhirnya Minta Maaf

MALANGUPDATE-Sebuah video pria meniup asap rokok elektrik ke arah seekor monyet menjadi viral di media sosial. Dengan hashtag #stopbegok, video berdurasi 14 detik itu menayangkan seorang pria tengah mengisap rokok elektrik mendekati salah satu kandang  monyet dan menghembuskan asapnya ke arah satwa tersebut. Aksi pria tersebut direkam oleh rekannyai.

Video yang diunggah oleh akun Instagram @doniherdaru, Minggu (29/7/2018) itu terjadi di lokasi wisata Batu Secret Zoo, Kota Batu, Jawa Timur.

Setelah ramai menuai kecaman dari para netizen, akhirnya pelaku yang diketahui bernama David mengakui kesalahannya. David memposting pengakuannya di akun instagram pribadinya berupa permintaan maaf kepada pihak manajemen Jatim Park Group pada  malam harinya.

- David (kiri), didampingi General Manajer Batu Secret Zoo Agus Mulyanto akhirnya membuat surat pernyataan permintaan maaf di atas kertas bermaterai atas keisengannya menghembuskan asap rokok elektrik ke arah seekor monyet, Senin (30/7/2018).
David (kiri), didampingi General Manajer Batu Secret Zoo Agus Mulyanto akhirnya membuat surat pernyataan permintaan maaf di atas kertas bermaterai atas keisengannya menghembuskan asap rokok elektrik ke arah seekor monyet, Senin (30/7/2018).

Namun akhirnya David berinisiatif meminta maaf secara langsung kepada pihak manajemen Batu Secret Zoo, pada Senin (30/7/2018).

Warga Malang itu mengakui bahwa perbuatan itu saat hanya iseng saja, ketika berlibur ke Batu Secret Zoo bersama teman-temannya.

“Kejadian itu murni keisengan saya pribadi, saya memang kelewatan, meskipun teman-teman saya sebenarnya sudah mengatakan kalau hal itu salah,” ungkapnya dalam konferensi pers yang digelar pihak Batu Secret Zoo, Senin (30/7/2018)

David akhirnya membuat surat pernyataan permintaan maaf bermaterai serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. Ia pun diberi sanksi moral dengan meminta maaf secara simbolis kepada salah satu monyet yang kandangnya bersebelahan dengan monyet yang ia beri asap sebelumnya.

- David diberi sanksi moral dengan meminta maaf secara simbolis kepada salah satu monyet yang kandangnya bersebelahan dengan monyet yang ia beri asap sebelumnya di Batu Secret Zoo, Senin (30/7/2018).
David diberi sanksi moral dengan meminta maaf secara simbolis kepada salah satu monyet yang kandangnya bersebelahan dengan monyet yang ia beri asap sebelumnya di Batu Secret Zoo, Senin (30/7/2018).

General Manajer Batu Secret Zoo Agus Mulyanto sangat menyayangkan hal yang dilakukan oleh David, dan berharap kejadian ini menjadi pelajaran bagi pengunjung lainnya. “Apalagi monyet Red-Tailed Guenon dari Afrika ini keberadaannya termasuk dalam kategori rentan (endangered),” tambahnya.

Saat ini pihaknya telah memeriksa kesehatan monyet tersebut lewat tindakan karantina.

Agus menjelaskan, pihak manajemen sebenarnya telah menyediakan smoking area meskipun hanya di beberapa tempat, karena keberadaan Batu Secret Zoo sebagai lingkungan konservasi satwa. “Namun dari kejadian ini akan kami memperjelas tanda larangan merokok di sejumlah titik, ” tandasnya. (putra)

Foto-foto:malangupdate/putra

You May Also Like

Leave a Reply