Lebih Dekat Dengan Masyarakat, Kostrad Gelar Pameran Alutsista Di Mall

MALANGUPDATE-Pengunjung Malang Town Square di Malang, Jawa Timur dikejutkan oleh satu unit robot penjinak bom yang bergerak perlahan di lantai satu mall tersebut, Rabu (21/3/2018). Apalagi di sekitar robot itu tampak sejumlah berseragam. Namun ternyata itu adalah suasana pameran alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang digelar Divisi Infanteri 2 Kostrad selama sehari penuh di mall itu.

Pameran ini cukup istimewa, karena meski jumlah koleksi yang ditampilkan terbatas, namun diikuti dari seluruh kesatuan, baik TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara dan Polri.

Wakil Asisten Teritorial Divif 2 Kostrad Letkol Infanteri Wilson Napitulu menuturkan, pameran ini merupakan salah satu upaya lebih mengenalkan dan mendekatkan TNI kepada masyarakat. “Masyarakat dapat mencoba sekaligus bisa memperoleh informasi akurat tentang berbagai perlengkapan dan persenjataan yang ada,” ujarnya.

Sejumlah pengunjung melintas di samping robot penjinak bom dalam pameran di Malang Town Square, Malang, Jawa Timur, Rabu (21/3/2018). Pameran  ini digelar Kostrad Divif 2 Malang, menampilkan alutsista (alat utama sistem persenjataan) dari TNI AD, AL, AU serta Polri.
Sejumlah pengunjung melintas di samping robot penjinak bom dalam pameran di Malang Town Square, Malang, Jawa Timur, Rabu (21/3/2018).

Wilson menambahkan, pameran ini diikuti TNI AD, AL, Udara dan Polri, yang masing-masing menampilkan ciri khas satuannya. Seperti dari Batalyon Zeni Tempur 10/JP/ 2 Kostrad yang menyuguhkan perlengkapan penjinak bahan peledak, baik untuk bom maupun ranjau, serta pistol buatan Pindad hingga senapan Mesin Berat kaliber 12,7 mm buatan Amerika.

Pangkalan Angkatan Laut Malang menampilkan koleksi perlengkapan pasukan katak dan miniatur kapal-kapal perang maupun kapal selamnya. Pengunjung juga berkesempatan mencoba dan berpose dengan seragam penerbang maupun menerbangkan pesawat Hercules melalui flight simulator yang disediakan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh.

Sementara sebuah kendaraan taktis Barracuda dari Polda Jawa Timur dipajang di depan mall, bersama satu unit mobil pelayanan kamtibmas, lengkap bersama para petugasnya.

Seorang siswa SMP mencoba seragam penerbang  milik TNI AU dalam pameran di Malang Town Square, Malang, Jawa Timur, Rabu (21/3/2018). Pameran  ini digelar Kostrad Divif 2 Malang, menampilkan alutsista (alat utama sistem persenjataan) dari TNI AD, AL, AU serta Polri.
Seorang siswa SMP mencoba seragam penerbang milik TNI AU dalam pameran di Malang Town Square, Malang, Jawa Timur, Rabu (21/3/2018).

“Pameran ini adalah salah satu rangkaian peringatan HUT ke-57 Kostrad ini yang fokusnya untuk lebih mendekatkan TNI kepada masyarakat selain donor darah maupun lomba-lomba lainnya seperti Cakra Run pada 1 April mendatang,” papar Wilson.

Gading Timur, 13, salah seorang pengunjung mall mengaku sangat senang bisa menikmati siang sambil melihat berbagai perlengkapan TNI yang dipamerkan. “Seru, ternyata senjata api laras panjangnya cukup berat, padahal sudah dipegang dengan kedua tangan,” ujar siswa kelas II SMP Brawijaya Malang ini.

Seorang prajurit dari YonZipur 10/JP/2 Kostrad menunjukkan sebuah peluncur harpun kepada sejumlah siswa SMP dalam  pameran di Malang Town Square, Malang, Jawa Timur, Rabu (21/3/2018). Pameran ini digelar Kostrad Divif 2 Malang, menampilkan alutsista (alat utama sistem persenjataan) dari TNI AD, AL, AU serta Polri.
Seorang prajurit dari YonZipur 10/JP/2 Kostrad menunjukkan sebuah peluncur harpun kepada sejumlah siswa SMP dalam pameran di Malang Town Square, Malang, Jawa Timur, Rabu (21/3/2018).

Gading mengatakan, pameran semacam ini sangat menarik, karena membuat dirinya  punya bayangan seperti apa jika suatu saat nanti menjadi anggota TNI.

“Semoga acara seperti ini bisa lebih sering diadakan,” harap siswa yang bercita-cita ingin masuk TNI Angkatan Udara ini.  (putra)

Foto-foto: malangupdate/putra

You May Also Like

Leave a Reply