Malang Akan Jadi Tuan Rumah Konferensi Musik Indonesia Berikutnya

MALANGUPDATE-Hari Musik Nasional tahun ini ditandai dengan digelarnya Konferensi Musik Indonesia (KAMI) di Kota Ambon pada 7-9 Maret 2018 lalu. Acara ini dihadiri pula oleh peserta  dari Malang yakni Ketua Museum Musik Indonesia (MMI), Hengki Herwanto, Wahyoe GV (IMF Malang, Arema Voice), Anwar (IMF Batu, Pegiat Musik), Sylvia Saartje (penyanyi rock), Samack (Jurnalis Musik), dan Johanes Antok (MMI, Fotografer) .

Konferensi Musik ini  telah melahirkan sebanyak 12 rekomendasi. Rekomendasi ini nantinya akan disampaikan oleh Ketua Komite KAMI Glenn Fredly kepada Presiden RI Joko Widodo.

Ke 12 rekomendasi ini menjadi bahan diskusi dari para peserta yang hadir tersebut di Museum Musik Indonesia (MMI), Jl Nusakambangan Kota Malang, Senin (19/3/2018).

Saat diskusi, timbul ide untuk untuk mengkonkritkan Malang sebagai tuan rumah konferensi selanjutnya. “Konferensi ini digelar dua tahun sekali, sehingga masih cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya,” ujar Hengki.

Hengki mengatakan, ide yang awalnya tercetus di Ambon ini juga didukung Anggota DPR RI Komisi X Anang Hermansyah yang hadir dalam konferensi  tersebut.

“Namun tentunya musisi Malang harus paham dulu apa saja rekomendasi yang telah diperoleh, khususnya bagaimana tetap berkreasi di era digital ini,” terangnya.

Hengki juga memberi penekanan pada pentingnya database musik nasional. Ia mengaku kelemahan para musisi Indonesia, baik lokal maupun Nasional selama ini adalah lemahnya dokumentasi dari mereka, mulai diskografi hingga biodatanya.

“Maka dari itu selain melakukan digitalisasi koleksi yang ada, MMI juga mulai melakukan riset agar database tersebut dapat dipenuhi, sehingga semua data dapat diakses publik,” paparnya.

Sayangnya, tidak banyak musisi yang hadir dalam acara diskusi tersebut. Padahal menurut Hengki, dari rekomendasi yang ada,  banyak yang bisa didapat, paling tidak akses jejaring dengan semua komponen semakin terbuka.

“Semoga dengan waktu yang sempit ini Malang akan siap menjadi tuan rumah konferensi selanjutnya,” tutup Hengki (putra)

 

You May Also Like

Leave a Reply