Warga Inggris Kagumi Inovasi Gerakan Menabung Air Kampung 3G

MALANGUPDATE-Kampung 3G (Glintung Go Green) RW 23, Kelurahan Purwantoro,  Kecamatan Blimbing, Kota Malang mendapat kunjungan dari sejumlah warga Inggris, Selasa (19/9/2017).
Rombongan yang terdiri dari 10 orang tersebut berkeliling melewati gang-gang kecil yang mungkin tidak mereka temui di negaranya. Mereka tidak mengira bahwa lahan yang terbatas di perkotaan punya kawasan yang hijau, asri dan segar. juga mengagumi Gerakan Menabung Air (Water Banking Movement) di kampung yang beberapa tahun lalu kerap menjadi langganan banjir setiap kali hujan deras turun ini dengan mengamati sumur injeksi maupun biopori yang ada.

Hijau-Warga Inggris saat menikmati hijaunya Kampung 3G
Hijau-Warga Inggris saat menikmati hijaunya Kampung 3G

Salah seorang tamu Keith Cameron mengatakan bahwa ia dan koleganya sangat tertarik dengan inovasi di kampung 3G ini, terkait pemanfaatan hidroponik dan konservasi air. “Namun kami lebih kagum dengan adanya semangat gotong royong warga di sini, ”
akunya.
Keith menambahkan, banjir sebenarnya juga terjadi di beberapa kota di Inggris. Namun jarang warga punya inisiatif baik secara mandiri maupun komunitas dalam mengatasi hal tersebut, karena terkait birokrasi di pemerintahan. Gerakan mengubah pola pikir masyarakat inilah yang menjadi perhatian mereka karena seperti diketahui, inovasi lingkungan yang dilakukan di kampung 3G ini
tak lepas dari sosok Bambang Irianto selaku penggagas yang menggerakan warganya.

Sumur Injeksi - Rombongan mengamati sumur injeksi yang merupakn salah satu unsur penting dalam inovasi Water Banking Movement
Sumur Injeksi – Rombongan mengamati sumur injeksi yang merupakan salah satu unsur penting dalam inovasi Water Banking Movement.

“Sebagai ketua RW, pak Bambang ternyata sanggup menerapkan kepemimpinan kuat dalam mengubah mindset warga lewat berbagai
kebijakannya,” ujarnya.

Keith mengatakan, pihaknya ingin mencoba menerapkannya metode ini kepada masyarakat, paling tidak lewat ceramah-ceramah di gereja. “Kebetulan anggota rombongan kami yang ada di sini adalah pendeta,” imbuhnya.
Penggagas Kampung 3G, Bambang Irianto menuturkan, kunjungan warga Inggris ini membuktikan bahwa kampung 3G sudah diakui
tidak hanya di Asia melainkan juga di Eropa.

Bangga - Bambang Irianto menerima kesan dan pesan dari Keith Cameron.
Bangga – Bambang Irianto menerima kesan dan pesan dari Keith Cameron.

“Water Banking Movement dapat diterapkan sebagai inovasi dalam menanggulangi  banjir dan menyikapi perubahan iklim dunia, dan kami punya kewajiban untuk menyebarkan informasi ini ke semua pihak,” pungkasnya. (putra)

foto-foto: malangupdate/putra

You May Also Like

Leave a Reply