Alumni UB Usul Pembangunan Pangkalan Militer Di Lahan Reklamasi Teluk Jakarta


MALANGUPDATE –Lahan reklamasi Teluk Jakarta sebaiknya digunakan untuk fasilitas Pangkalan Militer. Hal ini diungkapkan DR Adam Wiryawan, mewakili Alumni Universitas Brawijaya (UB) Malang, Kamis (9/11/2017).
“Penolakan ini berdasarkan beberapa bukan alasan. Yakni selain merusak lingkungan sekitar, sempat muncul kekhawatiran jika reklamasi tetap berlanjut, bisa saja muncul Singapura yang kedua, ” ujar Adam kepada awak media di Guest House UB.

Tolak Reklamasi-Perwakilan Alumni Universitas Brawijaya DR Adam Wiryawan(paling kanan), saat menyampaikan pernyataan sikap
Tolak Reklamasi-Perwakilan Alumni Universitas Brawijaya DR Adam Wiryawan(paling kanan), saat menyampaikan pernyataan sikap

Adam menambahkan, pernyataan sikap ini terkait pengkajian sejumlah pakar yang berkompeten dibidangnya.
“Penolakan ini juga didukung 636 alumni yang terdiri dari 15 guru besar, dua mantan rektor UB, dua mantan dekan UB, dua mantan ketua umum ikatan alumni UB, dan alumni lainnya yang tersebar di Indonesia,” imbuhnya.
Sementara usulan pembangunan pangkalan militer d kawasan reklamasi yang telah berjalan dengan pertimbangan fungsi militer sebagai penjaga NKRI.
Dosen Fakultas MIPA ini menambahkan, dampak reklamasi sebenarnya sudah jelas, yakni merusak lingkungan hidup, utamanya para nelayan. “Sehingga kami juga mengusulkan para nelayan dikembalikan ke ‘habitat’nya”, tegas dia.
Langkah selanjutnya, imbuh Adam, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan alumni perguruan tinggi lain seperti ITS, ITB dan UI yang saat ini sudah jelas mendukung penolakan reklamasi. “Bisa lewat petisi online sebagai usulan yang akan kami sampaikan ke pemerintah,” tandasnya.

Non Politis-Profesor Muhaimin saat diwawancara awak media
Non Politis-Profesor Muhaimin saat diwawancara awak media

Perwakilan alumni lainnya Prof Muhaimin dari FMIPA UB menegaskan pernyataan sikap ini tidak dilandasi kepentingan betsifat politis. “Semuanya demi kelestarian lingkungan, kami tidak berada pada salah satu pihak yang berkepentingan dalam proyek tersebut,” tegasnya. (putra).

Foto-foto: malangupdate /putra

You May Also Like

Leave a Reply