Dua Badak Putih Batu Secret Zoo Dapat Kado Tumpeng Istimewa

MALANGUPDATE -Sebuah tumpeng unik yang terdiri dari buah dan sayuran tertata rapi di kandang Badak Putih di Secret Zoo Jatim Park 2 (JTP 2), Kota Wisata Batu Jumat (22/9/2017).
Tak lama kemudian muncul Tisa dan Kito, dua ekor Badak Putih betina koleksi Secret Zoo tersebut.

Lahap- Tisa dan Kito melahap tumpeng istimewa dalam rangka perayaan Hari Badak Sedunia.
Lahap- Tisa dan Kito melahap tumpeng istimewa dalam rangka perayaan Hari Badak Sedunia.

Awalnya mereka tampak kesulitan dan bingung melihat ‘menu’ yang berbeda dari biasanya itu. Namun akhirnya mereka merobohkan tumpeng itu dan langsung melahap hijauan yang ada di baliknya diiringi tepuk tangan puluhan pengunjung sambil beramai-ramai menyanyikan lagu selamat ulang tahun.
Tumpeng itu rupanya kado spesial berupa bagi kedua badak putih tersebut sebagai rangkaian peringatan Hari Badak Sedunia yang jatuh pada 22 September.
Dikemas dengan tema ‘Save Rhinos, Care for the Future’, acara ini juga melibatkan sejumlah siswa dari SD Ngaglik 02 Kota Batu.

Edukasi- Kegiatan ini melibatkan siswa dari SD Ngaglik 02 Kota Batu
Edukasi- Kegiatan ini melibatkan siswa dari SD Ngaglik 02 Kota Batu

Manager Marketing dan Public Relations Jatim Park Group,Titik S Ariyanto mengatakan, pihaknya sengaja mengedukasi badak putih ini secara langsung kepada anak-anak sekolah. “Badak merupakan salah satu mata rantai ekosistem alam yang wajib dijaga dan dilestarikan, karena rentan punah,” ujar Titik.
Selain mendapat informasi tentang badak, sebelumnya anak-anak ini berkesempatan ikut menata tumpeng di dalam kandang bersama maskot Mr Rhino.
Salah satu siswa bernama Nadia mengaku senang karena dapat melihat satwa langka ini. “Tapi saya kasihan bahwa mereka terancam punah karena pembalakan hutan secara liar serta ulah pemburu yang mengambil culanya,” kata Nadia .
Kegiatan ini, imbuhnya, juga membuat pengetahuannya bertambah. “Saya jadi tahu kelebihan dan kekurangannya, seperti penglihatan lemah, namun penciumannya sangat tajam, ” tukas siswa kelas V ini. Hal ini ditunjukkan Tisa dan Kito yang mampu menemukan menu hijauan kesukaan mereka di balik tumpeng buah itu.
Sementara itu, dokter hewan JTP 2, Prista Dwi Restanti mengatakan Tisa berusia 8 tahun dan Kito berusia 7 tahun.
“Rencananya pada bulan Desember mendatang Batu Secret Zoo akan mendatangkan badak India dan badak putih jantan, agar mereka bisa berkembang biak,” tandasnya. (putra).

Foto -foto : malangupdate /putra

You May Also Like

Leave a Reply