Meningkatkan Literasi Lewat Mobil Kaca Universitas Muhammadiyah Malang

MALANGUPDATE-Tingkat literasi di Indonesia ternyata masih rendah. Data statistik dari UNESCO tahun 2017 menunjuukkan, Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara.

Kondisi ini membuat  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ikut tergugah untuk berupaya meningkatkan minat baca, khususnya dari kalangan generasi muda dengan meluncurkan Mobil Kaca.

Mobil Kaca ini adalah mobil pintar yang merupakan singkatan dari Kamis Membaca. Sesuai namanya, mobil ini beroperasi pada setiap hari Kamis, minggu kedua setiap bulan.

Para siswa Sekolah Dasar Muslimat NU Janti Kota Malang, Jawa Timur, antusias membaca dan mencari buku-buku yang tersedia di Mobil Kaca Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (15/3/2018). Mobil Kaca atau Kamis Membaca ini merupakan perpustakaan mini keliling, untuk meningkatkan minat literasi kepada para siswa sekolah mulai SD hingga SMA di Jawa Timur, yang dilengkapi dengan ratusan buku serta peralatan multimedia.
Para siswa Sekolah Dasar Muslimat NU Janti Kota Malang, Jawa Timur, antusias membaca dan mencari buku-buku yang tersedia di Mobil Kaca Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (15/3/2018).

Mobil berjenis OB Van ini adalah perpustakaan mini keliling, yang dapat menampung sedikitnya 450 buku-buku pengetahuan umum, hobi, ensiklopedia hingga pendidikan agama.

Ridlo Setiawan, Koordinator Program Mobil Kaca UMM menuturkan bahwa mobil ini bukan hanya sekedar perpustakaan keliling, karena telah dilengkapi dengan fasilitas multimedia seperti LED monitor, audio dan soundsystem untuk menayangkan film-film edukatif.  Mobil ini juga didampingi oleh para relawan yang telah dipersiapkan dengan materi-materi sesuai program yang ada.

“Ada program English for Young Learners untuk belajar bahasa Inggris, outbound hingga kelas jurnalistik sederhana,” terangnya saat singgah di SD Muslimat NU Janti Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (15/3/2018).

Ridlo menambahkan, sasaran dari program ini adalah para siswa SD hingga SMA, bukan hanya di Malang namun di seluruh Jawa Timur. “Saat ini kami masih menyusun program yang tepat untuk menyasar para siswa tingkat Taman Kanak-Kanak,” ungkapnya..

Launching mobil ini sendiri telah dilaksanakan selama empat hari di empat Kabupaten yang ada di pulau Madura pada awal bulan Februari 2018 lalu.

-Para siswa Sekolah Dasar Muslimat NU Janti Kota Malang, Jawa Timur, semangat membaca buku didampingi Nadya, salah seorang relawan dari Mobil Kaca Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (15/3/2018).
-Para siswa Sekolah Dasar Muslimat NU Janti Kota Malang, Jawa Timur, semangat membaca buku didampingi Nadya, salah seorang relawan dari Mobil Kaca Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Ridlo berharap Mobil Kaca UMM ini dapat meningkatkan budaya baca di kalangan para pelajar. Mobilitasnya juga diharapkan dapat menjangkau kawasan-kawasan pelosok di Jawa Timur.

“Program ini menyasar ke semua sekolah, baik negeri, swasta, bahkan sekolah non-Muslim” tandasnya.

Rizki, 11, salah seorang siswa SD Muslimat NU, mengaku sangat senang sekolahnya disinggahi mobil pintar ini. “Ternyata bukan hanya bisa membaca berbagai buku yang bagus, di sini saya bisa belajar bahasa Inggris dalam suasan yang menyenangkan,” aku siswa kelas V ini. (putra)

Foto-foto: malangupdate/putra

You May Also Like

Leave a Reply