Museum Angkut Raih Penghargaan Sebagai Museum Terbaik 2017

 MALANGUPDATE-Museum Angkut + Movie Star Studio yang berlokasi di Wisata Kota Batu selama ini sudah dikenal sebagai museum yang mempunyai ratusan koleksi alat transportasi di dunia. Namun penampilan museum ini pun jauh dari kesan kuno dan suram, meskipun beragam alat angkut di dalamnya sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun.
Wahana yang bernaung di bawah Jatim Park Grup ini ternyata berhasil dinobatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai museum terbaik kategori museum milik perorangan/masyarakat.
Penghargaan tersebut diraih di Manado, Sulawesi Utara, pada pada Kamis (19/10/2017), dan berhasil menyisihkan 435 museum yang ada di seluruh Indonesia.
Membanggakan -Rio I Sendjojo (kiri) dan Endang A Shobirin membawa penghargaan Museum Terbaik dari Kemendikbud
Membanggakan -Rio I Sendjojo (kiri) dan Endang A Shobirin membawa penghargaan Museum Terbaik dari Kemendikbud

Operation Manager Museum Angkut Endang A Shobirin mengatakan, prestasi ini diraih berkat kerja keras selama empat tahun terakhir, sejak awal museum ini berdiri. “Ada beberapa indikator yang dinilai, antara lain program kerja, standart operation procedure (SOP), interaktif atraktif sumber daya manusia (SDM), pengembangan SDM, kemampuan uji materi yang dipamerkan, serta upgrade koleksi”, jelasnya saat menggelar jumpa pers Senin (23/10/2017).

Menarik-Pengunjung menikmati dan berfoto dengan koleksi Museum Angkut
Menarik-Pengunjung menikmati dan berfoto dengan koleksi Museum Angkut
Endang menambahkan, upgrading disarankan untuk dilakukan setiap tahun, namun pihaknya selalu mengupgrade setiap tiga bulan, mulai dari spot foto, maupun unsur hiburan. “Selain itu banyak koleksi kami yang dapat disentuh pengunjung, dan yang paling penting adalah unsur edukasi tetap kami kedepankan,” tegasnya. Endang menganggap bagaimanapun juga misi museum ini adalah sarana edukasi kepada masyarakat yang dikemas dengan konten hiburan.
Saat ini tercatat koleksi museum angkut ada 439 alat angkut, dengan rincian 199 mobil, 167 sepeda, dan 73 unit tidak bermesin.  Adanya Movie Star Studio, menjadikan museum ini tampil unik dengan konten  modern dan bertaraf internasional.
Menghibur-Pengunjung dapat menikmati hiburan yang atraktif dan interaktif
Menghibur-Pengunjung dapat menikmati hiburan yang atraktif dan interaktif

Sejumlah program telah dipersiapkan. Seperti peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi para personel museum, hingga  penambahan koleksi. Ada pula rencana mendatangkan mobil pemadam kebakaran yang dapat dipakai sebagai sarana edukasi anak-anak, serta pembuatan military corner, yang akan menampilkan beragam persenjataan. “Kami juga berencana memamerkan koleksi senjata buatan Pindad, baik produksi Malang maupun Bandung,” tandasnya.
Sementara itu Staf Ahli Holding Jatim Park Group, Rio Imam Sendjojo menambahkan, Jogjakarta, Bali, dan Medan menjadi pesaing terberat karena kota-kota teraebut juga mempunyai koleksi museum terlengkap. “Semoga dengan keberhasilan ini kami dapat terus meningkatkan kinerja, agar dapat membantu program Pemerintah terkait kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 mendatang,” pungkasnya. (putra)

Foto-foto : malangupdate/putra

You May Also Like

Leave a Reply