MalangUpdate- Masyarakat lanjut usia (Lansia) merupakan bagian penting dari kehidupan kita. Usia senja yang ditandai dengan menurunnya daya tahan tubuh, tenaga yang melemah serta produktifitas kerja yang mulai berkurang bahkan pudar, adalah kenyataan alamiah kita sebagai manusia.
Jaminan sosial bagi lansia
Jaminan sosial bagi lansia

Atas dasar itulah, Sujono Djonet menghimbau pentingnya peran kita untuk peduli pada Lansia. Mendukung lansia bukan hanya tugas keluarga melainkan juga tugas bermasyarakat dan butuh peran aktif pemerintah daerah. ” Jika nanti kami terpilih dan mendapat amanah dari masyarakat kota Batu, sesegera mungkin akan kita buatkan perda khusus yang akan melindungi para lansia, masalah kesehatannya dan banyak program kita buat bagi mereka,” ucap Sujono Djonet usia sambang dulur di dusun Ngujung kecamatan Bumiaji.

Regulasi yang memberikan jaminan sosial bagi lansia untuk bisa menikmati masa tuanya, sudah menjadi tekad calon Wawali nomer urut 1 ini, yang disampaikan ketika berjumpa para lansia di sudut- sudut pedesaan kota Batu, terutama di daerah pinggiran.

Beberapa kebijakan pro-lansia dapat diwujudkan dalam bentuk fasilitas publik yang bisa dijangkau dan diakses oleh lansia, sarana olahraga yang aman bagi lansia, posyandu lansia.Bahkan bila diperlukan harus disiapkan fasilitas tinggal para lansia yang tidak memiliki keluarga dan atau lansia yang tidak memiliki tempat tinggal. Harus mulai dipikirkan adanya tunjangan lansia bagi kalangan pra-sejahtera.( Rul/red)

Pentingnya Regulasi dan Kebijakan yang Pro-Lansia
Pentingnya Regulasi dan Kebijakan yang Pro-Lansia

You May Also Like

Leave a Reply