Aksara Bakti Ramadhan XI Manifestasi Bumi Arema Bermartabat

 

 

KOTA MALANG,MalangUpdate – Aksara Tumapel Indonesia Malang kembali menggelar “Aksara Bakti Ramadhan” yaitu serangkaian kegiatan sosial dan amal khusus menyambut bulan Suci Ramadhan, pada Jumat (10/06/2016). Acara yang mengambil tempat di hall Kantor Perpustakaan Umum & Arsip Kota Malang ini telah rutin dilakukan sejak tahun 2006 silam dan menjadi program amal yang memprioritaskan generasi muda dari kalangan prasejahtera, yatim piatu, dan anak-anak yang sedang studi namun mengalami kendala ekonomi, mayoritas dari binaan lembaga.

“Ramadhan kali ini kami membantu 400 anak, dibagi dalam dua tahap, pertama yang hadir malam ini dan kedua akan kami kunjungi langsung di tempat tinggalnya dalam minggu kedua ramadhan,” ujar M. Taufik, Ketua Pelaksana Aksara Bakti Ramadhan 2016 usai acara.

Menurut wartawan senior yang juga Ketua Forum Wartawan Kota Malang ini, bahwa Aksara Bakti Ramadhan 2016 bekerjasama dengan banyak pihak yang memiliki komitmen sosial yang sama dengan lembaga. Misalnya Bank Indonesia (BI) Area Malang, Indomaret yang memberikan paket, Penerbit/Percetakan IndoPress Group (Lini Bisnis Aksara Tumapel), Perpustakaan Kota Malang, dan lembaga atau individu-individu yang tidak berkenan disebutkan namanya.

Hampir semua awak media, lokal maupun nasional, hadir di Aksara Bakti Ramadhan 2016. Mereka tidak hanya meliput melainkan membantu melayani peserta anak-anak serta penyiapan tempat untuk sholat berjamaah. Tampak hadir beberapa undangan, seperti Nelly tokoh perempuan Arek Malang yang berbaur dengan peserta.

Sementara peserta anak datang dari berbagai wilayah di Kota Malang, seperti rombongan dari ujung timur kota, Cemorokandang Kedung Kandang; Pandanwangi Blimbing; Bakalankrajan, Ciptomulyo Sukun; Sukoharjo, Betek, Kiduldalem Klojen; Merjosari Lowokwaru; Jodipan (Juanda); Perwakilan Majelis Pengajian Anak, Yayasan Sosial, LPAN, Panti Asuhan, Rumah Belajar Arek Malang dan anak-anak dari Binaan Aksara Tumapel. Transportasi dari peserta disiapkan Aksara Tumapel.

Acara yang dimulai pukul 15.45 WIB dibuka dengan penampilan musik Islami dari LPAN Griya Baca, dilanjutkan dengan seremonial Pembukaan Sambutan Ketua Aksara Tumapel Liga Alam Muchtar dan Tausyiah Ramadhan dari ustad Muiz dengan tema ‘Keistimewaan Puasa dan Bagaimana Menjadi Generasi yang Dicintai Allah SWT’. Peserta yang mayoritas anak-anak nampak antusias mendengarkan ceramah yang penuh semangat ustadz muda dari Ponpes Mahasiswa Lembaga Tinggi Luhur Sumbersari yang juga mahasiswa UIN Maliki Malang ini.

Seusai doa yang dipandu M. Taufik, semua peserta melakukan buka puasa bersama. Setelah itu, dilakukan sholat Maghrib berjamaah, kemudian makan malam. Acara terakhir adalah malam amal berupa pembagian dana santunan kepada seluruh peserta serta paket dari Indomaret. Pimpinan manajemen Indomaret tampak hadir memastikan paket bantuan mereka tercukupi. Tim Aksara Tumapel tampak sibuk mengatur pembagian bantuan sebab peserta cukup banyak sementara bantuan harus dipastikan tercukupi.

“Alhamdulillah rangkaian acara amal tahap ini berjalan lancar. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program ini. Selanjutnya, kami akan kunjungan keliling ke lokasi-lokasi yang direkomendasikan oleh tim survey lapangan Aksara Tumapel,” kata Ketua Pelaksana program, M. Taufik kepada MalangUpdate. (Red MU )

You May Also Like

Leave a Reply