SBY Terima Piala Prapanca Agung Dalam Acara HPN 2017 di Jatim

MALANGUPDATE-Puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2017 dan HUT ke-71 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (29/3), diisi dengan pengukuhan pengurus PWI Jatim periode 2016 – 2021, serta penganugerahan penghargaan kepada sejumlah tokoh.
Salah satu yang istimewa adalah penghargaan Prapanca Agung untuk kategori tokoh demokrasi dan kebebasan pers kepada Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Penghargaan yang yang baru pertama kali diberikan ini diserahkan langsung oleh Ketua PWI Pusat Margiono dan Ketua PWI Jatim Ahmad Munir.

Penghargaan-Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ny Ani Yudhoyono usai menerima penghargaan Prapanca Agung untuk kategori Tokoh Demokrasi dan Kebebasan Pers berfoto bersama sejumlah undangan.
Penghargaan-Presiden
keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ny Ani Yudhoyono usai menerima penghargaan Prapanca Agung untuk kategori Tokoh Demokrasi dan Kebebasan Pers berfoto bersama sejumlah undangan.

Dalam orasi bertemakan “Demokrasi dan Pers”, SBY menekankan bahwa pers adalah salah satu pilar demokrasi penegak keadilan, pengontrol kekuasaan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
“Agar kualitas demokrasi semakin baik, maka pemberitaan di media juga harus objektif dan faktual, bukan hoax dan bad news. Pemberitaan juga harus fair and balance, serta tidak terlalu partisan,” jelas Ketua Umum DPP Partai Demokrat ini.

Orasi- Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat orasi bertema Demokrasi dan Pers.
Orasi- Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat orasi bertema Demokrasi dan Pers.

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo yang mendapat penghargaan Special Award tampak terharu saat memberikan sambutan. “ Maafkan pak SBY, saya jadi gembeng (gampang menangis-red). Saya tak bisa berkata-kata karena terharu, terima kasih,” ujarnya singkat.

Terharu-Gubernur Jatim Soekarwo yang mendapat penghargaan Special Award terharu saat memberikan sambutan.
Terharu-Gubernur Jatim Soekarwo yang mendapat penghargaan Special Award terharu saat memberikan sambutan.

PWI Jatim juga memberi apresiasi dan penghargaan kepada tokoh-tokoh Jawa Timur dari kalangan pemerintah daerah, korporasi dan perusahaan, tokoh pers dan sosial budaya. Selain itu digelar pula penandatanganan nota kesepahaman antara PWI Jatim dengan sejumlah institusi untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di kalangan jurnalis, salah satunya lewat pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Dalam sambutannya, Ahmad Munir  menyampaikan  bahwa PWI Jatim sangat bangga akan pemerintah Provinsi yang peduli terhadap insan pers.

Selain itu juga digelar penghargaan kepada sejumlah jurnalis yang menang dalam Lomba Jurnalistik yang merupakan rangkaian acara Hari Pers Nasional 2017 dan HUT ke-71 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur. (putra)

Siap Bertugas-Pengukuhan pengurus PWI Jatim periode 2016 – 2021.
Siap Bertugas-Pengukuhan pengurus PWI Jatim periode 2016 – 2021.

Foto-foto : malangupdate/putra

 

You May Also Like

Leave a Reply