Keramik Dinoyo Malang
pinterest.com

Daya Tarik Keramik Dinoyo Malang, Oleh-Oleh Unik dan Menarik

Posted on

Kota Malang tidak hanya terkenal akan keindahan wisata alam saja. Namun, kota apel ini juga terkenal dengan kerajinan tangannya. Kerajinan tangan tersebut bernama Seni Keramik Dinoyo, yang hingga kini masih diproduksi. Keramik Dinoyo Malang menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang bagi para wisatawan yang berlibur di kota ini.

Keramik Dinoyo Malang
pinterest.com

Kampung Wisata Keramik Dinoyo Malang

Kampung Wisata Keramik Dinoyo bermula dari sentra gerabah. Hingga kini, seni kerajinan keramik ini sangat diminati oleh konsumen, karena produk yang dihasilkan cukup unik dan menarik. Sentra kerajinan tangan satu ini berlokasi di dekat beberapa kampus terkenal di Kota Malang.

Sebelum memasuki kawasan produksi keramik Dinoyo, anda akan menelusuri Jl. MT Haryono 9. Tepat di jalur masuk area kampung, anda akan disambut dengan taman kecil bertuliskan “Kampoeng Wisata Keramik Dinoyo” yang dilengkapi dengan miniatur keramik.

Sejarah Keramik Dinoyo Malang

Cikal bakal Kampung Wisata Keramik Dinoyo sudah ada sejak tahun 1957. Bermula dari kerajinan gerabah yang diproduksi oleh warga sekitar. Kerajinan gerabah yang diproduksi berupa perlengkapan rumah tangga. Namun seiring berjalannya waktu, pengaruh keramik dari Cina mulai masuk ke Indonesia, termasuk kota Malang.

Bahan pembuatan keramik dari Cina mulai dipadukan dengan keramik berbahan lokal. Perpaduan ini menghadirkan jenis keramik semi porselen. Hingga saat ini, perpaduan dua jenis keramik tersebut masih digunakan para pengrajin keramik Malang.

Daya Tarik Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Memasuki kampung wisata satu ini, anda akan disuguhkan dengan deretan toko yang menjajakan beragam jenis keramik yang unik serta memberikan sensasi keindahan tersendiri. Beragam jenis keramik yang dijajakan terdiri dari teko lucu, cangkir mini, vas, mug, serta beragam jenis hiasan dan souvenir.  Bagi anda yang memerlukan rekomendasi untuk pembuatan souvenir lucu dengan harga terjangkau, anda bisa mendapatkannya di Kampung Wisata Keramik Dinoyo.

Keunikan keramik Dinoyo terlihat pada corak, desain, serta warna yang natural yang ada pada sebagian besar produk. Keramik Dinoyo Malang cenderung memiliki motif bunga serta daun dengan pemilihan warna yang sejuk. Umumnya keramik Dinoyo terbuat dari bahan dasar tanah liat dan proselen. Kerajinan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang bagi para wisatawan yang datang ke kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *