Rawon Khas Malang Paling Legendaris, Wajib untuk Dicoba!
flickr.com

Rawon Khas Malang Paling Legendaris, Wajib untuk Dicoba!

Posted on

Rawon khas Malang merupakan makanan tradisional yang berupa kuah berwarna hitam dengan tambahan daging sapi. Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Jawa Timur tetapi tidak mencoba untuk menyantap makanan ini. Apalagi cita rasanya yang gurih berpadu dengan rempah-rempah khas Nusantara.

Rawon Khas Malang Paling Legendaris, Wajib untuk Dicoba!
flickr.com

Berbagai Rawon Khas Malang yang Legendaris

Daging sapi tak hanya bisa dijadikan bahan untuk membuat bakso, sate, ataupun soto, melainkan juga bisa untuk bahan utama membuat rawon. Makanan khas Jawa Timur ini sangat digemari oleh masyarakat di sana. Sehingga banyak sekali tempat yang menjual rawon. Namun ada berbagai tempat makan rawon legendaris yaitu sebagai berikut:

1. Rawon Rampal

Rawon ini memiliki cita rasa khas kluweknya dengan tambahan daging empal yang berasa manis. Ditambah gurihnya kuah kaldu, tak heran jika rawon ini memiliki banyak penggemar. Bahkan rawon ini sudah terkenal sejak tahun 1957 hingga sekarang ini. Cara membuatnya pun tetap menggunakan tungku dan arang, hal inilah yang membuat rasanya sangat khas. Berlokasi di Jalan Panglima Sudirman No. 71A.

2. Rawon Nguling

Jangan khawatir, daging pada rawon ini tidak alot. Sehingga sangat nyaman dan mudah saat menyantapnya. Sementara nama Nguling berasal dari asal warung rawon ini. Yang mana berasal dari wilayah Nguling, Probolinggo.

Untuk di Malang sendiri, warung ini terletak di Jalan Zainul Arifin atau bisa disebut dengan wilayah Kidul Dalem. Terdapat berbagai macam pilihan menu seperti rawon tutup dengkul, rawon buntut, dan nasi rawon.

3. Rawon Tessy

Rawon ini cukup berbeda karena kuahnya tidak terlalu kenal sehingga cukup encer. Namun rasanya tetap enak dan sangat menggoyang lidah. Tempat makan ini bisa ditemukan di Jalan Embong Brantas Kidul Dalem. Selain teksturnya yang encer, rawon ini juga memiliki warna lebih kecoklat-coklatan.

4. Rawon Brintik

Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1942, sehingga dianggap tempat makan rawon tertua di Kota Malang. Untuk namanya sendiri, awalnya berasal dari julukan untuk pemilik warung yang memiliki rambut keriting. Tempat makan ini juga cukup unik karena cita rasanya tidak pernah berubah selama empat generasi. Terletak di Jalan Ahmad Dahlan.

Itulah beberapa rawon khas Malang yang sangat legendaris, sehingga wajib untuk dicoba. Selain wisata alam, tak ada salahnya juga mencoba wisata kuliner di Jawa Timur seperti rawon ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *