Topeng Menjadi Keanekaragaman Budaya Kota Malang Paling Populer
pinterest.com

Topeng Menjadi Keanekaragaman Budaya Kota Malang Paling Populer

Posted on

Keanekaragaman budaya Kota Malang memang sudah banyak dikenal oleh publik. Malang merupakan Kota yang cukup besar di Jawa Timur. Kekayaan etnis dan budaya Malang memiliki pengaruh terhadap kesenian tradisional yang ada. Banyaknya keanekaragaman budaya di Malang cukup mampu menjadi daya tarik yang memicu orang untuk berkunjung. Gaya kesenian disini memadukan 3 budaya, yaitu Jawa Tengah, Madura, dan Tengger.

Etnik masyarakatnya memang terkenal religius, dinamis, dan suka bekerja keras. Selain itu, kebudayaan Kota Malang juga bisa terlihat dari banyaknya kesenian khas Jawa Timur yang kerap kali ditampilkan. Malang juga memiliki tempat sebagai sarana apresiasi budaya khas Jawa Timur yaitu Taman Kridal Budaya Jawa Timur. Disinilah keberagaman budaya khas Jawa Timur ditampilkan.

Topeng Menjadi Keanekaragaman Budaya Kota Malang Paling Populer
pinterest.com

Keanekaragaman Budaya Kota Malang

Malang menjadi Kota terbesar kedua di Jawa Timur. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak sebutan, salah satunya sebagai kota sejarah. Malang memiliki banyak kesenian menarik yang kental akan aksen Jawa-nya. Tarian yang dimilikinya sebagai simbol seni dan budaya khas Malang. Ada beberapa kebudayaan yang dimiliki Kota Malang, diantaranya:

Kesenian Kota Malang

Salah satu ciri khas kebudayaan yang dimiliki kota di Jawa Timur ini yaitu topeng. Topeng Malang merupakan seni pemahatan tradisional yang mampu bertahan hingga saat ini. Topeng ini menjadi sebuah kesenian kuno yang memiliki usia ratusan tahun. Corak topeng ini khas dari pahatan kayu yang lebih realis yang menggambarkan karakter wajah seseorang. Ada banyak karakter yang dibuat dalam topeng tersebut. Misalnya karakter jahat, baik, sedih, gurauan, dan masih banyak yang lainnya. Masih banyak jenis kesenian yang dimiliki Kota Malang dan unik.

Kebudayaan Kota Malang

Kebudayaan kota Malang berpengaruh besar terhadap kesenian yang ada. Kesenian yang terjadi di Malang memang terdiri atas 3 budaya yang bersatu. Hal ini karena Malang memiliki 3 sub-kultur, yaitu budaya Jawa Tengah, Madura, dan Tengger. Selain itu, masyarakatnya memang bersatu padu dan saling bekerja sama. Hingga memiliki sebutan Arek Malang (AREMA).

Keberagaman di Malang memang mampu menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya keanekaragaman Kota Malang yang penduduknya saling menjaga dan bersatu. Selain wisata, kesenian di Malang cukup terkenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *